11/01/11

Sudah Saatnya Tarung Derajat Go Internasional

Menpora Andi Mallarangeng foto bersama Keluarga Olahraga Tarung 
Derajat di ruang kerjanya, hari Selasa (11/1) siang. (foto: 
muchlis/kemenpora.go.id)
Menpora Andi Mallarangeng foto bersama Keluarga Olahraga Tarung Derajat di ruang kerjanya, hari Selasa (11/1) siang. (foto: muchlis/kemenpora.go.id)
Jakarta: Sebagai  persiapan menghadapi eksebisi di SEA Games 2011 November mendatang, hari Selasa (11/1) siang KODRAT (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) yang dipimpin dewan pembinanya Mayjen TNI (Purn) Yahya Sacawiria menemui Menpora Andi Mallarangeng  di ruang kerjaqnya. Tarung Derajat olah olahraga beladiri kombinasi dari pencak silat, karate, tinju dan yang lain.

Kepada Menpora Yahya melaporkan juga persiapan yang dilakukan untuk beberapa pertandingan uji coba. Kata Yahya, KODRAT terus menjalin hubungan dengan empat negara di ASEAN masing-masing Thailand, Malaysia, Timor Leste dan Vietnam, agar bisa menjadikan perguruan Tarung Derajat menjadi organisasi resmi seperti PB olahraga yang lain. Sebab, menurut Yahya, salah satu sarat agar Tarung Derajat bisa melakukan eksebisi harus memiliki federasi yang minimal harus diikuti oleh lima negara.

"Kami sudah melakukan pendekatan dengan  Thailand, Malaysia, Timor Leste dan Vietnam untuk bisa  membentuk federasi ini, dan respon mereka sudah cukup baik. Oleh karena itu, saya meminta dukungan juga kepada Menpora agar  bisa membantu melancarkan persiapan yang dilakukan Tarung Derajat," kata Yahya.

Menanggapi persiapan tersebut, Menpora berharap agar Tarung Derajat agar bisa sukses menggelar eksebisi di ajang SEA Games November mendatang. Menpora akan mendukung dan membantu semaksimal mungkin untuk memenuhi persyaratan-persyaratan agar Tarung Derajat bisa melakukan eksebisi. Salah satunya, Menpora akan ikut melakukan pendekatan dengan menteri olahraga dari empat negara tersebut.

"Senang sekali saya melihat Tarung Derajat terus melakukan persiapan untuk SEA Games nanti, apalagi kita juga menjadi tuan rumah. Mengenai pembentukan federasi yang minimal harus diikuti lima negara, saya bersama KONI Pusat akan membantu agar cepat selesai. Intinya saya akan mendukung penuh untuk mengembangkan Tarung Derajat. Sudah saatnya olahraga yang mencerminkan kultur budaya bangsa Indonesia ini untuk bisa go internasional," kata Menpora. (amr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar