01/01/11

ANATOMI DAN FISIOLOGI TUBUH



PENGANTAR
            Anatomi adalah ilmu yang mempelajari letak, bentuk dan susunan tubuh manusia, serta hubungan antar bagian yang ada di dalamnya. Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal. Dengan demikian anatomi dan fisiologi  yang akan dipelajari disini pada dasarnya untuk mengetahui letak, bentuk dan susunan organ tubuh manusia beserta cara kerjanya. Untuk memudahkan pemahaman, maka akan dipelajari organ tubuh manusia sejak dari luar sampai ke dalam.

KULIT
            Permukaan dan rongga tubuh manusia ditutupi oleh kulit. Kulit yang menutup permukaan tubuh bagian luar dan dalam yang berhubungan dengan udara luar disebut epitel, sedangkan yang menutup rongga tubuh bagian dalam dan tak berhubungan langsung dengan udara luar (misal lubang pembuluh darah, dan kelenjar) disebut endotel. Fungsi kulit adalah melindungi permukaan tubuh terhadap berbagai gesekan, mikroorganisme,dan mencegah hilangnya cairan tubuh secara berlebihan. Fungsi perlindungan terutama dilakukan oleh keratin pada epidermis. Fungsi lain adalah sebagai pengatur suhu yang dilakukan oleh mekanisme berkeringat, dan sebagai indra peraba terhadap sentuhan, tekanan, nyeri, dan suhu.

Gambar 1. Lapisan Kulit

Kulit mempunyai beberapa lapisan antara lain adalah epidermis, dermis, dan hypodermis. Kulit mempunyai berat 15% dari seluruh berat tubuh, luas 1,5-1,75 m2, tebal rata-rata 1-2 mm. Area yang tebal ada di telapak tangan dan kaki. Lapisan epidermis merupakan lapisan luar yang menyelimuti permukaan tubuh. Lapisan ini mengalami pergantian sel terus menerus. Pelepasan sel memerlukan waktu 14-28 hari dengan rincian 14 hari untuk proses pembelahan, dan 14 hari berikutnya untuk proses pelepasan sel. Pada lapisan ini tidak ada pembuluh darah, sehingga kiriman nutrisi sangat tergantung dari kiriman darah di lapisan dermis. Serabut saraf juga tidak dijumpai dalam lapisan ini, namun ada sel langerhans yang dapat melawan mikroorganisme penyebab infeksi.
            Lapisan dermis mempunyai ketebalan empat kali lipat dari lapisan epidermis, dan tersusun dari jaringan penghubung serta penyokong. Lapisan ini terdiri atas lapisan papilari dan lapisan retikuler. Lapisan papilari merupakan lapisan tipis yang terdiri dari jaringan penghubung yang longgar dan menghubungkan epidermis dengan subkutis. Pada lapisan ini juga terdapat sejumlah elastin dan kolagen. Lapisan retikuler merupakan lapisan tebal yang terdiri atas jaringan penghubung padat dengan susunan yang tidak merata. Serat elastin dan kolagen sangat tebal dan saling berangkai menyerupai jarring-jaring. Serat inilah yang membuat kulit menjadi kuat, utuh, kenyal, dan meregang dengan baik. Pada lapisan ini terkandung banyak struktur khusus yang melaksanakan fungsi kulit, yaitu:
  1. Kelenjar lemak (kelenjar sebasea) yang menghasilkan lemak untuk melumasi permukaan kulit. Dikeluarkan melalui folikel rambut, dan pada orang dengan jenis kulit berminyak, kelenjar lemak lebih aktif memproduksi minyak/lemak. Bila lapisan kulit tertutup oleh kotoran, debu, atau kosmetik akan menyebabkan sumbatan kelenjar, sehingga terjadi pembengkakan.
  2. Kelenjar keringat bertugas mengatur penguapan untuk mendinginkan tubuh saat suhu lingkungan meningkat dengan mengeluarkan keringat dan membuang sisa metabolism tubuh terutama garam dan urea. Keringat dikeluarkan melalui 2-3 juta pori-pori yaang ada di permukaan tubuh.
  3. Pembuluh darah yang cukup padat pada lapisan dermis ini akan memberi nutrisi dan oksigen untuk kulit. Disamping itu pembuluh darah juga bertugas untuk mengatur suhu tubuh melalui pelebaran pembuluh darah.
  4. Serat elastin dan kolagen yang bertugas untuk mengikat semua bagian kulit menjadi satu. Serat ini dibuat dari protein yang dihasilkan oleh sel fibroblast. Serat elastin dan kolagen bersama-sama menentukan derajat kelenturan kulit.
  5. Folikel rambut merupakan pangkal tumbuhnya rambut dan berkontraksi pada saat dingin.
  6. Saraf nyeri dan reseptor sentuh, yang akan merasakan nyeri atau sakit apabila ada sesuatu yang mencederai kulit, dan juga dapat merasakan panas, dingin, raba benda, dan lain-lain.
Lapisan subkutis atau bawah kulit yang tersusun dari sel kolagen dan lemak tebal untuk menyekat panas sehingga memungkinkan adaptasi terhadap perubahan temperature luar. Disamping itu lapisan subkutis dapat menyimpan cadangan nutrisi bagi kulit.  Masase akan mengelupaskan epitel mati yang ada di permukaan kulit, sehingga kekusaman kulit akan hilang, dan kulit terlihat cerah. Kecerahan kulit akan lebih ditingkatkan dengan lancarnya peredaran darah di kulit, bertambah kenyalnya jaringan pengikat dan terjaganya kelembaban kulit akibat masase.


SISTEM PEROTOTAN
            Gerakan tubuh disebabkan oleh kontraksi otot yang melalui sebuah sendi. Otot terdiri dari gabungan serat-serat otot. Ujung kepala otot disebut: ORIGO dan ujung lain disebut: INSERSIO, bagian yang melekat pada tulang. Perlekatan dapat sempit pada satu atau beberapa tulang atau justru melebar. Pada kontraksi otot, tulang tempat insersi akan bergerak ke arah origo, makin dekat letak insersi terhadap sendi makin besar gerakan yang terjadi.
Berbagai gerakan pokok otot dan jenis otot
1.  Fleksi            : sudut antara 2 tulang mengecil. Ototnya disebut: otot Fleksor.
                             Contoh: otot Bisep untuk siku dan otot Hamstring untuk lutut  
2. Ekstensi         : sudut antara 2 tulang membesar. Ototnya disebut otot Ekstensor.
                             Contoh: otot Trisep untuk siku otot Quadrisep untuk lutut                        
3. Aduksi           : gerakan mendekati garis tengah tubuh. Ototnya disebut Aduktor.
                             Contoh: otot-otot Aduktor paha
4. Abduksi         : gerakan menjauhi garis tengah tubuh. Ototnya disebut Abduktor.
                             Contoh: otot Deltoid pada bahu.
5. Rotasi            : gerakan memutar pada sumbu memanjang.
                             Contoh: kepala radius berputar terhadap ulna. Pada tangan terjadi           
    gerakan Pronasi dan Supinasi.
6. Sirkumduksi  : gerakan memutar pada sendi bahu dan sendi panggul. Merupakan
                             gerakan terkoordinasi berurutan berupa fleksi, abduksi, ekstensi dan
                             aduksi.

Gambar 4. Berbagai gerakan pada anggota gerak tubuh atas


Gambar 5. Gerakan-gerakan pada tubuh dan anggota gerak tubuh bawah

Gambar 6. Otot tubuh manusia tampak dari depan


Gambar 7. Otot tubuh manusia tampak dari belakang

Fisiologi Otot
            Fungsi dari otot adalah berkontraksi agar dapat menggerakkan tubuh dan bagian-bagiannya. Untuk mengetahui kerja otot, perlu diketahui struktur dasar otot. Otot mengandung protein kontraktil, sehingga apabila ada rangsangan, otot akan berkontraksi. Jaringan otot mempunyai sifat dapat mengubah tenaga kimia menjadi tenaga mekanik disertai pelepasan panas.
Ada 3 macam otot yaitu:
  1. Otot rangka
  2. Otot jantung
  3. Otot polos
Otot Rangka 
            Setiap berkas otot mengandung sejumlah besar serat otot, diameter 10-80 µ, letaknya sejajar memanjang. Tiap serat otot merupakan satu sel otot, dibungkus oleh membrane sel yang disebut: Sarkolemma, mengandung inti berbentuk silinder dan terletak asimetris. Dipersarafi oleh ujung saraf yang terletak di tengah serat otot. Antara satu sel dengan sel otot lain berhubungan, baik strukturnya maupun fungsinya.
Di dalam sitoplasma (sarkoplasma) terdapat banyak mitokondria dan granula-granula glikogen yang merupakan cadangan energi sel. Terdapat pula mioglobin yaitu protein berwarna merah yang mengandung zat besi dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan oksigen. Di dalam sarkoplasma terdapat pula sejumlah besar ion K, Mg, PO4 dan enzim-enzim. Di dalam satu serat otot terdapat beratus-ratus myofibril dan di dalam setiap miofibril  terdapat sejumlah miofilamen. Filamen adalah elemen kontrkatil yang berperan pada mekanisme kontraksi otot yang merupakan kumpulan protein, terdiri dari filamen tebal (miosin) dan filamen tipis (aktin, troponin dan tropomiosin).
Gambar 9. Struktur otot rangka manusia

Jenis-jenis kontraksi otot
            Pada kontraksi otot, pergeseran filament elemen kontraktil menyebabkan panjang otot berkurang. Disamping itu di dalam otot terdapat juga unsur-unsur yang bersifat elastis dan kenyal, yang memungkinkan otot berkontraksi tanpa disertai perubahan panjang otot. Pada keadaan ini terjadi peningkatan tegangan otot disertai pengeluaran panas. Berdasarkan hal ini, terdapat 2 jenis kontraksi otot, yaitu:
  1. Kontraksi Isotonik
Proses kontraksi otot yang menyebabkan pemendekan panjang otot disebut kontraksi isotonik. Pada keadaan ini tegangan/tonus otot tidak berubah. Terjadi pemendekan dari semua sarkomer. Contoh: kontraksi ini adalah pada waktu mengangkat beban yang ringan, saat berjalan atau menendang
  1. Kontraksi Isometris
Pada jenis kontraksi ini, tidak terjadi pemendekan otot (bahkan sebaliknya, mungkin terjadi sedikit pemanjangan), tetapi terjadi peningkatan tegangan dalam otot. Contoh: usaha mengangkat beban berat sekali atau pada waktu berdiri dengan sikap tegak (menahan berat badan terhadap tarikan gaya berat bumi).

Jenis Serat Otot
            Ada 2 jenis serat otot yaitu:
1.      Slow twitch
adalah serat merah, karena mengandung banyak mioglobin dan terutama ditemukan pada atlet endurans. Mengandung banyak kapiler, lemak, dan enzim.
2.      Fast twitch
adalah serat putih, berfungsi secara anerobik, memiliki sedikit mioglobin, lemak, enzim dan kapiler.
Proporsi ke 2 jenis serat ini, bervariasi pada setiap orang.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kontraksi Otot
  1. Suhu
  2. Panjang Awal
  3. Jenis Pembebanan
  4. Cara Perangsangan
  5. Jenis Kontraksi

Seringkali otot menjadi kaku setelah olahraga berat sebab ada jaringan sikatrik atau pemendekan otot secara refleks. Salah satu keuntungan melakukan masase adalah efektif memulihkan kekakuan otot dan mengembalikan otot pada panjang otot istirahat yang optimal. Juga membuat otot lebih lentur, dan meningkatkan aliran darah. Kekakuan otot biasanya tidak terjadi pada seluruh berkas otot tetapi hanya pada bagian tertentu dari bagian otot terbesar, atau pada hubungan antara otot dan tendon (jaringan penghubung otot).
Peregangan umumnya dapat memanjangkan otot secara keseluruhan, tetapi sulit untuk meregangkan area tertentu di otot. Dalam hal ini masase dapat dilakukan secara langsung pada area yang akan di masase dan lebih baik bila dapat di  kombinasikan dengan tehnik peregangan yang tepat untuk mencapai kelenturan otot optimal.

SISTEM SIRKULASI
            Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, pembuluh darah dan darah. Jantung terletak di dada sebelah kiri. Di depan dilindungi oleh tulang dada dan di sebelah belakang dilindungi oleh tulang belakang. Jantung terdiri dari 4 rongga, yang berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Sisi kiri jantung memompakan darah yang kaya oksigen dan makanan ke organ-organ tubuh dan otot, sedangkan  sisi kanan jantung memompakan darah yang tidak mengandung oksigen ke paru-paru. Dari sisi kiri jantung darah akan memasuki aorta (pembuluh darah besar), lalu bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Setelah terjadi pertukaran oksigen dan nutrisi, darah yang mengandung sisa makanan akan dihantarkan ke sisi jantung kanan. Fungsi sistem sirkulasi sangat penting yaitu mengangkut bahan makanan (nutrient), oksigen dan karbondioksida serta sisa makanan dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Sisa makanan dan substansi yang berbahaya akan dikeluarkan melalui ginjal. Fungsi lain dari darah adalah mengatur pH darah dan suhu tubuh. Keuntungan melakukan masase dalam kaitannya dengan sistem sirkulasi adalah kemampuan untuk meningkatkan pengembalian darah vena ke jantung dan meningkatkan aliran darah otot, yang ke duanya dapat memberi efek signifikan pada pemulihan dan regenerasi jaringan otot setelah latihan/olahraga.

Gambar    Sistem Sirkulasi Tubuh


SISTEM LIMFATIK
            Jaringan tubuh dikelilingi oleh cairan yang disebut cairan intersisial, yang berfungsi sebagai medium untuk pertukaran bahan nutrisi dan sisa makanan antara sistem sirkulasi dan jaringan tubuh. Cairan intersisial berasal dari kapiler yang sebenarnya  adalah plasma yang merupakan  55-60 % bagian dari darah. Selama pertukaran bahan-bahan tadi, cairan intersisial masuk ke dalam pembuluh limfatik. Sistem limfatik mirip dengan sistem sirkulasi (vena), juga bercabang-cabang di seluruh tubuh. Di sepanjang pembuluh limfatik terdapat nodus-nodus atau kelenjar, misalnya di daerah leher, ketiak, dada, perut dan selangkang.  Kelenjar ini mengandung limfosit yang memproduksi antibodi untuk sistem pertahanan tubuh. Secara konstan terdapat sirkulasi cairan limfe dari kapiler ke ruang antar sel, kembali  ke sistem limfe lalu ke pembuluh darah. Cedera pada otot akan menyebabkan cairan dalam sel dan beberapa komponen sel mengalir ke ruang antar sel. Kerusakan kapiler akan membuat cairan dan darah lebih banyak di ruang antar sel. Akibat meningkatnya jumlah cairan intersisial akan menyebabkan terjadinya pembengkakan jaringan yang disebut: Edema. Secara normal pembuluh limfe akan mengalirkan kembali cairan intersisial yang berlebihan ke sistem sirkulasi darah.
Dalam hal ini masase tidak dapat digunakan untuk membantu pengembalian darah yang tertimbun di cairan intersisial pada edema ke sistem sirkulasi darah untuk menghilangkan pembengkakan. Bahkan dianjurkan untuk tidak melakukan masase pada jaringan tubuh yang mengalami pembengkakan atau edema.
Gambar   Sistem Limfatik

SISTEM SARAF
            Sistem saraf terdiri dari 2 bagian, yaitu: sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan medulla spinalis, yang menginterpretasi informasi dari luar tubuh. Sistem saraf tepi, terdapat di seluruh tubuh yang menghubungkan reseptor dengan sistem saraf pusat. Saraf eferen membawa informasi dari dari otak atau medulla spinalis ke seluruh tubuh, yang terbagi atas 2 bagian, yaitu: saraf volunter yang bertanggung jawab mengatur otot dan saraf involunter (otonomik). Saraf involunter atau sistem saraf otonom terdiri dari sistem saraf simpatis dan parasimpatis. Jadi sistem saraf tepi mengumpulkan dan menyampaikan sinyal ke susunan saraf pusat dan tubuh akan memberikan reaksi terhadap sinyal tersebut. Bila sinyal dihantarkan ke otot akan merangsang terjadinya kontraksi otot, dan pada akhirnya akan menimbulkan gerakan.
Hanya sedikit penelitian yang ada mengenai kaitan sistem saraf dengan masase, tetapi umumnya masase yang ringan dan sedang akan merangsang saraf sedangkan tekanan yang kuat akan menekan/mematikan rangsang. Untuk itu hanya tekanan yang ringan dan singkat yang dianjurkan setelah aktivitas berat, untuk merangsang otot agar kembali siap lalu setelah itu masase yang lebih dalam dan ritmik dilakukan untuk merelaksasikan otot. 

SISTEM KERANGKA DAN SENDI
Tulang kerangka berhubungan satu dengan yang lain melalui sendi. Ada 3 jenis sendi, yaitu:
1.      Sendi fibrosa
Jaringan yang menghubungkan antar tulang adalah jaringan ikat. Pada sendi ini tak ada gerakan.
Contoh: - pada tulang kranium disebut sendi sutural
              
2.      Sendi tulang rawan (kartilaginosa) 
Jaringan yang menghubungkan antar tulang adalah tulang rawan, gerakan agak terbatas.
Contoh: - lempeng intervertebral
              - antara kostae dan sternum

3.      Sendi sinovial
Hubungan antar tulang disini lebih rumit. Sendi ini adalah sendi yang terbanyak ditemukan di tubuh yang memungkinkan pelbagai gerakan yang kompleks, meskipun dapat pula kaku jika perlu untuk menopang beban tertentu.

Gambar 1.  Kerangka tubuh manusia (dari depan)


Gambar 2. Kerangka tubuh manusia dari belakang (dari belakang)

Gambar 3.  A.Bagian-bagian sendi. B. sendi siku. C. sendi lutut. D. Sendi bahu.
                   E. sendi gliding. F. sendi kaki


Macam-macam sendi sinovial

1. Sendi datar
    disebut pula Gliding Joint, permukaan artikularnya rata.
    contoh: interkarpal dan intertarsal, di antara prosesus artikular vertebra.

2. Sendi engsel
    disebut pula Hinge Joints, merupakan sendi dengan satu aksis.
    contoh: sendi siku dan lutut.

3. Sendi putar
    disebut pula Pivot Joints, gerakan mengitari ujung tulang lain.
    contoh: di antara bagian proksimal radius dan ulna.

4. sendi buku jari
    disebut pula Condyloid Joints, ke dua permukaan artikular berbentuk oval.
    Contoh: radiokarpal pada pergelangan tangan
                  Metakarpopalangeal

5. sendi pelana
    disebut pula Saddle Joints, salah satu tulangnya berbentuk pelana.
    Contoh: sendi ibu jari kaki antara metatarsal dan falang.

6. sendi peluru
 disebut pula Ball & Socket Joints. Ujung tulang yang satu bulat dan lainnya cekung, 
 menyebabkan gerakan melingkar.
 Contoh: sendi bahu dan panggul.








KEPUSTAKAAN
  1. Bloomfield J, Ackland TR, Ellott BC. Applied Anatomy and Biomechanics in Sport. Blackwell Scientific Publications, 1995
  2. Castella R and Clews W. Smart Sport. Australian Institute of Sport. RWM Publishing.
  3. Clews W. Sport Massage and Stretching. Bantam Sports.1990
  4. Ilyas EI. Anatomi dan Fisiologi Alat Gerak. Bahan kuliah kursus ketrampilan paramedis dalam bidang ortotik prostetik. 1993








Tidak ada komentar:

Posting Komentar