17/01/12

GOAL.com Indonesia Reader's Choice Awards 2011: Rahmad Darmawan Pelatih Terbaik Indonesia Versi Pembaca, Redaksi Pilih RD & Jacksen F Tiago



Pembaca dan redaksi GOAL.com sepertinya mencapai kata sepakat untuk menunjuk Pelatih Terbaik Indonesia 2011. Siapa orangnya?

Rahmad Darmawan - Persija Jakarta (GOAL.com/Aang Kurniawan)
Di level klub, Rahmad Darmawan gagal mengangkat pamor Persija Jakarta. Sedangkan di level timnas, RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan juga gagal memberikan medali emas di Sea Games 2011.

Namun demikian, bukan berarti pencapaiannya tidak dihargai oleh pembaca dan redaksiGOAL.com Indonesia.

Buktinya, dari hasil poling yang dibuat pada 1 Januari pada pukul 00.00 dan ditutup pada 14 Januari pukul 23.59, coach RD menjadi pelatih terbaik versi GOAL.com.

Coach RD mengungguli Nil Maizar, pelatih Semen Padang dan arsitek Persipura Jayapura Jacksen F Tiago dalam pengumpulan suara. Dari 5121 suara yang masuk, coach RD mengantungi suara lebih dari 50 persen poling versi pembaca, atau tepatnya 52,31 persen.

Nil Maizar hanya mengantungi 24,7 persen, sementara Jacksen, yang membawa Persipura menjadi juara di Liga Super Indonesia musim lalu, juga membawa timnya ke perempat-final Piala AFC, hanya mengantungi 16,03 persen.

Sedangkan redaksi GOAL.com memposisikan coach RD dan Jacksen F Tiago di posisi yang sama, yaitu pelatih terbaik di Indonesia saat ini.

Dengan menggunakan sistem poin, coach RD mengoleksi poin 85, sama dengan mantan penyerang Persebaya Surabaya itu. Nil Maizar berada di posisi ketiga dengan 53 poin, disusul Aji Santoso dan Sajuri Syahid.

Di bawah ini adalah Profil Nominasi Pelatih Terbaik 2011
 
AJI SANTOSO | 6 April 1970
Berhasil membawa Persebaya 1927 memuncaki klasemen paruh musim Liga Primer Indonesia (LPI) sebelum akhirnya kompetisi dihentikan, Aji Santoso disebut-sebut menjadi kandidat pelatih timnas U-23. Namun, Aji kalah bersaing dengan Rahmad Darmawan, sehingga menjadi asisten. Kini, nama Aji kembali difavoritkan menangani timnas U-23. Sebagai pelatih, prestasi terbaik Aji adalah mengantarkan tim PON Jawa Timur meraih medali emas PON Kaltim 2008.

JACKSEN FERREIRA TIAGO | 28 Mei 1968
Tahun 2011 merupakan masa indah bagi Jacksen F Tiago. Setelah berhasil menjadikan Persipura Jayapura juara Superliga Indonesia (ISL) 2010/11, tim Mutiara Hitam juga menembus perempat-final Piala AFC 2011. Jacksen membuat Persipura tampil konsisten tahun ini. Musim ini dia belum mendampingi tim karena harus ke Brasil mengikuti kursus kepelatihan sekaligus mendapat penghargaan dari Asosiasi Pelatih Profesional Rio de Janeiro bernama Trophy Mario Jorge Lobbo Zagallo.

NIL MAIZAR | 2 Januari 1970
Ditunjuk menggantikan Arcan Iuri sebagai pelatih Semen Padang, banyak yang pesimistis Nil Maizar bisa memberikan hasil bagus. Namun, tim Kabau Sirah berhasil dibawa menempati empat besar klasemen ISL 2010/11 dari debutnya di kompetisi tertinggi itu. Musim lalu Semen Padang bertransformasi dari sebuah tim promosi hingga memiliki harapan beraksi di kompetisi Asia. Kabau Sirah memang gagal ke Asia, tetapi mereka sukses mempertahankan posisi di papan atas klasemen Superliga Indonesia. Musim ini Semen Padang beraksi di Liga Prima Indonesia dan untuk sementara berstatus pemuncak klasemen dengan delapan poin, unggul selisih gol dari Persija IPL.

RAHMAD DARMAWAN | 28 November 1966
Musim lalu Rahmad Darmawan gagal membawa Persija Jakarta ke Liga Champions Asia karena kalah selisih gol dengan Arema Indonesia hingga tim kebanggaan Ibu Kota tersebut harus puas menempati peringkat ketiga klasemen akhir Superliga Indonesia 2010/11. Meski demikian, dengan segudang prestasi sebelumnya dia dipercaya membesut timnas U-23 yang kemudian mempersembahkan medali perak SEA Games 2011 di Jakarta.

SAJURI SYAHID | 1 Desember 1967
Di luar stadion sosok ini dikenal kalem tetapi sikapnya di pinggir lapangan jauh berbeda. Sajuri sudah lama mengabdi pada Persiba Bantul dan memulai karirnya sebagai asisten pelatih Andi Lala di tahun 2003. Di paruh kedua musim lalu, Sajuri dipercaya menjadi pelatih kepala menggantikan Eduard Tjong. Tidak tanggung targetnya adalah promosi dari Divisi Utama dan dia sanggup menjawabnya dengan baik.


Bagaimana pendapat Anda? Setuju dengan hasil di atas? Kami dari GOAL.com Indonesia ingin mengetahui komentar Anda melalui formulir di bawah ini. Sampaikan juga ide dan saran Anda, supaya Readers' Choice Awards 2012 bisa lebih baik lagi. Terima kasih atas partisipasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar