10/01/12

Piala FA: Arsenal vs Leeds: 'King' Henry Kembali Muncul Sebagai




INILAH.COM, London - Arsenal sukses melangkah ke babak keempat Piala FA setelah mengalahkan Leeds United lewat gol yang diciptakan legenda hidup mereka, Thierry Henry.

Arsenal dan Leeds bentrok di Emirates, Selasa dini hari WIB (10/1/2012), tuan rumah akhirnya menang tipis 1-0 atas Leeds lewat gol Henry yang tercipta menit ke-78 atau 10 menit sejak dirinya dimasukan untuk menandakan comeback fantastisnya.

Memanfaatkan umpan terobosan Alex Song, pemain Prancis itu akhirnya mencetak gol pertamanya, setelah memutuskan untuk kembali membela Arsenal selama dua bulan ini.

Dengan kemenangan ini Arsenal sudah ditunggu oleh wakil Liga Primer lainnya, Aston Villa, pada babak keempat Piala FA yang akanberlangsung 28 Januari mendatang di Emirates.

Bermain tanpa Robin van Persie yang diistirahatkan, serangan Arsenal terlihat sangat menitik beratkan kepada sayap-sayap mereka yang lincah seperti Andrei Arshavin dan Alex Oxlade-Chamberlain. Beberapa kali penetrasi mereka menyulitkan lini belakang Leeds.

Pada 15 menit pertama Arshavin dua kali mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Sayang tendangan keras pemain RUsia itu masih melambung tipis diatas gawang Andy Lonergan.

Selalu tertekan sepanjang paruh pertama mengakibatkan minimnya peluang yang diciptakan Leeds. Tercatat hanya satu tendangan yang diciptakan tim tamu, saat tendangan Luciano Becchio terbang diatas mistar gawang Arsenal pada menit 24, skor kacamata masih terjaga.

Aaron Ramsey juga tampil sebagai motor serangan Arsenal dilini tengah. Berkali-kali visinya menuntun pasukan London itu untuk mengancam gawang lawan. Sepakan gelandang asal Wales itu juga berkali-kali membuat kiper Leeds jatuh bangun untuk mengagalkan peluang tersebut.

Meski bermain kreatif dengan permainan bola pendek, Arsenal masih sulit menembus gawang Leeds hingga sampai babak pertama usai skor masih tetap bertahan 0-0.

Di babak kedua, Arsenal langsung tampil ofensif yang berbuah sebuah peluang emas pada menit 53. Berawal dari pergerangan Chamberlain disisi kiri lapangan yang lalu mengirimkan umpan matang ke Chamakh, yang lalu menyodorkan pada Mikel Arteta yang melepaskan tendangan mendatar. Namun Lonergan masih mampu membuat penyelamatan gemilang.

Menit 68 Arsenal akhirnya memasukan Henry untuk mengisi pos di lini depan. Dan keputusan Arsene Wenger itu pun langsung membuahkan sebuah gol 10 menit kemudian yang diciptakan oleh raja Highbury, stadion lama Arsenal, itu.

Umpan terobosan Alex Song dapat dikontrol dengan baik oleh Hendry yang menekan sisi kiri kotak penalti lawan dan langsung melepaskan tendangan melengkung yang tidak bisa dihalau oleh Lonergan. Arsenal pun akhirnya unggul 1-0.

Tidak lama berselang Arsenal berpeluang menggandakan keunggulan, lagi-lagi lewat Arshavin. Sayang tendangannya masih bersarang ke jaring samping gawang.

Jelang waktu normal usai Leeds memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Menerima umpan Tonwshed, Forrsell dengan sempurna melakukan tipuan sebelum melepaskan tendangan keras yang harus memaksa Szczesny berjibaku menghalau serangan tersebut.

Akhirnya sampai tiga menit waktu tambahan dimainkan tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 bertahan hingga wasit M. Cluttenburg meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.

Arsenal pun berpesta usai legenda mereka, Thierry Henry, muncul sebagai dewa penyelamat pada debutnya kembali di Emirates Stadium.

Skuad Lengkap:
Arsenal: Szczesny; Coquelin (Yennaris 33'), Koscielny, Squillaci, Miquel; Arteta, Song, Ramsey; Oxlade-Chamberlain (Walcott 68'), Chamakh (Henry 68'), Arshavin.

Leeds: Lonergan; Thompson, Lees, O'Dea, White; Townsend, Vayrynen (Brown 60'), Clayton, Pugh; Nunez (Forssell 81'), Becchio (McCormack 74').

Tidak ada komentar:

Posting Komentar