05/01/12

Fitur Beranda Sosial di Yahoo! Indonesia


Oleh Dodi Ibnu Rusydi – Jum, 23 Des 2011


Berbagi dan menemukan berita di Yahoo! kini jauh lebih mudah.

Kita tak lagi mencari berita. Beritalah yang menemukan kita. Di dunia kini, tempat kita terhubung satu sama lain begitu eratnya, teman-teman Anda adalah sumber berita. Anda juga adalah sumber berita bagi teman-teman Anda.

Artikel, cerita, berita, dibagikan oleh orang-orang melalui media sosial, yang lalu menjadi tolok ukur berita viral. Di Yahoo!, kami membawa konsep ini ke tingkat yang berbeda.

Kini, membaca adalah pengalaman sosial.

Mulai sekarang, bila Anda membaca artikel di Yahoo!, Anda memiliki pilihan untuk memberi tahu teman-teman Anda di Facebook untuk mengetahui apa yang Anda baca. Pilihan tentulah tak memaksa. Anda punya kendali 100 persen terhadap apa yang Anda bagikan, dan kapan. Anda bahkan bisa menghapus yang sudah Anda bagikan. Semudah itu.

Anda yang percaya bahwa apa yang Anda baca selalu bisa dibagikan, bisa memilih untuk senantiasa secara otomatis membagikan bacaan Anda. Di Yahoo! Indonesia, kami menyebut fitur ini Beranda Sosial.

Beranda Sosial adalah potret tentang hal-hal yang membuat teman-teman Anda tertarik. Dari petugas satpam berani yang menendang hantu suster ngesot — yang ternyata sama sekali bukan hantu, bukan suster, dan cuma berpura-pura ngesot — hingga  krisis finansial Eropa yang bisa menyebabkan negara-negara berkembang dibanjiri barang impor. Fitur baru ini membuat Anda bisa menemukan berita-berita yang dibaca teman Anda, yang lebih lanjut bisa Anda diskusikan, atau terus bagikan.

Selama ini, berita yang Anda baca mungkin datang dari pilihan redaksi kami. Melalui fitur Beranda Sosial, yang kami lakukan di Yahoo! hanyalah mempermudah berita ditemukan secara sosial dan personal. Kini, Anda bisa melihat apa yang dibaca teman-teman Anda. Navigasi konten baru yang mungkin Anda lewatkan sepenuhnya berada di tangan Anda.

Caranya mudah saja. Anda cukup mengaktifkan fitur ini (ikuti tahapannya di sini) dengan cara menyalakan Facebook Anda melalui halaman Yahoo!. Setelah itu, di halaman Yahoo! News, Anda bisa melihat deretan foto kawan Anda di bagian atas halaman, dan mengontrolnya dari sana.

Kini Anda, bersama teman-teman Anda, adalah kurator berita.

Salam,

Tim redaksi Yahoo! Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar