03/01/12

Tips Menjaga dan Merawat Kulit Sensitif



Kamis, 22 Des 2011 - 18.27 WIB
22 Sensitive Skin type
Memiliki kulit sensitif memang terkadang membuat repot kaum wanita. Sedikit kesalahan saat makan atau berada di lingkungan yang tidak sesuai, bisa mengakibatkan iritasi kulit atau gatal-gatal. Kulit sensitif sendiri terbagi menjadi dua yaitu kulit sensitif dari lahir. Wanita yang memiliki jenis ini biasanya pernah mengalami dermatitis atopic di masa kecil. Kulit sensitif jenis ini biasa tidak tahan pada perubahan suhu dan makanan pedas.
Jenis kulit sensitif yang lain adalah kulit sensitif yang disebabkan pengaruh eksternal (dari luar) seperti perawatan kosmetik yang tidak buruk, pengaruh kimia dan laser. Karena kulit sensitif memiliki pantangan terhadap beberapa hal tertentu, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga dan merawat kulit sensitif agar tetap sehat dan indah.
1.Memakai pembersih yang lembut dan halus. Saat membeli pembersih kulit selalu usahakan memilih produk yang bisa menjaga keseimbangan alami kulit, tapi tetap bisa menghapus semua jejak kotoran dan riasan dengan bersih. Hindari menggunakan pembersih lebih dari seminggu sekali, walaupun itu memakaio pembersih yang lembut.
2.Perhatikan lingkungan. Hindari perubahan suhu mendadak dan lingkungan yang kering. Jaga kulit agar tetap lembab. Makanan pedas, alcohol dan tembakau hanya akan menambah sensitivitas kulit, sehingga harus dihindari.
3.Memperhatikan perawatan khusus. Krim seperti retinol dapat mengakibatkan iritasi, ruam dan bahkan gangguan seperti bisul. Krim hypoallergenic harus digunakan khusus untuk beberapa jenis kulit, karena bisa membantu untuk membangun kembali hydrolipidic dan menenangkan kemerahan.
4.Memperhatikan kosmetik yang dipakai. Dalam perawatan kosmetik melawan penuaan, ada beberapa bahan kosmetik yang disarankan memiliki kandungan yang bisa merusak menimbulkan iritasi dan merusak kulit karena terlalu keras.
Jika semua hal diatas bisa dilakukan, maka akan menguatkan kandungan hydrolipidic yang bisa meningkatkan ketahanan kulit, dan meningkatkan daya tahan dari serangan dari luar dan mengurangi iritasi. Selain dengan menerapkan tips diatas tidak hanya bisa menjaga kulit dalam waktu singkat tapi juga untuk masa mendatang.

oleh:YL.antama.putra(hola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar